Komunitas

Perdana, Nunukan Gelar Kontes Ikan Cupang

Foto : MENUJU KONTES – Komunitas Ikan Cupang Nunukan sedang mematangkan persiapan menuju perhelatan kontes Ikan Cupang di GOR Dwikora tanggal 27-28 Maret nanti.

NUNUKAN – Ikan Cupang Hias sedang menjadi trend di berbagai daerah, tak terkecuali Nunukan. Ikan dengan nama latin Betta ini, sedang digemari berbagai kalangan usia sebagai salah satu pelengkap hewan peliharaan di rumah.

Tingginya antusiasme masyarakat terhadap ikan bertubuh mungil ini, mendorong komunitas Ikan Cupang Nunukan menggelar kontes perdana berlabel Standar Nasional Indonesia (SNI).

Kontes dengan judul Nunukan Betta Contest 2021 ini, mengangkat tema Semangat Ekonomi Kreatif di Tengah Pandemi. Kontes akan berlangsung di GOR Dwikora, Sei Sembilan Nunukan.

“Acaranya tanggal 27 dan 28 Maret 2021. Kegiatan ini kami inisiasi dengan sepenuhnya menerapkan standar protokol covid-19. Peserta terbuka untuk umum,” jelas Sekretaris Panitia, Saiful kepada diksipro.com (24/3/2021).

Saiful menjelaskan, tujuan utama kontes perdana ini digelar yakni mendorong semangat dan eksistensi peternak dan pedagang Ikan Cupang Hias di Nunukan. Menurutnya, saat ini terdapat puluhan pembudidaya lokal yang tengah melakukan pemijahan Ikan Cupang.

“Ini yang kita dorong agar mereka punya market untuk memasarkan hasil peternakan ikan Cupang mereka. Kalau hobi Cupang ini meluas, maka permintaan pasarnya semakin tinggi,” ungkap Saiful.

Bagi masyarakat yang ingin menyaksikan kontes ini, disampaikan Saiful, wajib mengenakan masker sebelum menuju arena kontes. Selain itu, panitia pelaksana turut bekerjasama Palang Merah Indonesia (PMI) Nunukan dalam mensterilisasi arena kontes dengan melakukan penyemprotan disinfektan.

Tidak hanya itu, pintu masuk arena juga akan diterapkan pemeriksaan suhu tubuh bagi seluruh peserta dan pengunjung.

Nunukan Betta Contest 2021 ini diperkirakan akan diikuti sejumlah komunitas maupun kolektor Ikan Cupang dari Kota Tarakan, Bulungan, Pulau Sebatik dan Nunukan. Kontes ini memperebutkan berbagai hadiah menarik, uang pembinaan, piagam dan piala penghargaan. (ADM/DIKSIPRO)

Komentar

Back to top button