Adv

Lansia Dan Penyandang Disabilitas Terima Bantuan Sembako

Salah Satu Program Unggulan Pemerintah Desa Binusan

Foto : Kades Binusan, Rudi Hartono serahkan Paket Bahan Pokok kepada Lansia

NUNUKAN – Sebanyak 193 warga Desa Binusan menerima bantuan paket bahan pokok makanan dari Pemerintah Desa Binusan. Warga penerima adalah mereka yang terdata sebagai penduduk Lanjut Usia (Lansia) dan penyandang Disabilitas.

Masing-masing bantuan paket bahan makanan yang mereka dapatkan berupa 10 Kg Beras, 2 bungkus minyak goreng, 2 bungkus gula pasir, 2 bungkus kopi bubuk, dan 2 bungkus teh yang jika dihitung dalam rupiah nilanya mencapai lebih dari Rp 200 ribu.

Menjelaskan kepada diksipro.com, Kepala Desa Binusan, Rudi Hartono S.Sos, mengatakan bantuan bahan makanan pokok yang diberikan kepada warga lanjut usia dan penyandang disabilitas tersebut merupakan salah satu program unggulan desa yang rutin diselenggarakan sejak masa kepemimpinannya di desa tersebut.

“Kami menjadikannya sebagai salah satu program unggulan mengingat masih banyak warga usia lanjut di desa ini yang perlu mendapatkan perhatian dari pemerintahan desa. Demikian juga dengan penyandang disabilitas,” tegas Rudi Hartono.

Untuk kebutuhan bantuan bahan makanan pokok tahun 2021 ini, masih seperti dikatakan Rudi Hartono, anggaran yang mereka alokasikan nilainya mencapai Rp. 41.688.000,- Sedangkan jumlah lansia dan penyandang disabilitas yang menerima paket ini dilakukan berdasar pendataan yang dipercayakan kepada masing-masing Ketua Rukun Tetangga (RT) dalam lingkungan Desa Binusan.

Banyaknya warga penerima bantuan tahun ini dipastikan berkurang dibanding tahun 2020 yang jumlahnya mencapai lebih dari 200 orang. Kebijakan ini menyusul verifikasi ulang terhadap warga berusia lanjut yang mengacu pada ketentuan yang berlaku.

“Tahun lalu kami memang masih belum mengacu pada batasan usia lanjut yang berhak mendapatkan bantuan. Namun setelah standarnya kami terapkan, usia lanjut yang berhak menerima adalah mereka yang berusia enam puluh tahun ke atas,” tegas Rudi Hartono lagi yang memastikan program serupa masih akan berlanjut pada tahun-tahun selanjutnya.

Foto : Salah satu lansia penerima paket bahan pokok dari Pemerintah Desa Binusan (PND/DIKSIPRO)

Mendampingi Rudi Hartono, Kepala Urusan Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Pemerintah Desa Binusan, Baharuddin menambahkan, penyaluran bantuan bahan makanan pokok ini memang mereka pusatkan di Kantor Desa Binusan. Warga yang sudah terdata dan memegang kupon pengambilan bisa langsung menerima di tempat ini.

“Sedangkan terhadap warga lanjut usia yang tempat tinggalnya jauh dari Kantor Desa, kami fasilitasi dengan mengantarkan dan menyerahkan langsung kepada yang bersangkutan,” kata Baharuddin

Ditambahkan, penyerahan secara langsung kepada yang barhak menerima ini sebagai antisipasi terhadap hal yang tidak diinginkan terjadi. Misalnya, penyalahgunaan di lapangan sehingga penerima ternyata bukan atas nama warga yang seharusnya.

Terpisah, Frans Kopong (64) warga RT 1, mengungkapkan rasa harunya terhadap pemerintah desa yang telah menyalurkan bantuan paket bahan pokok tersebut.

“Kami ini orang tua sudah tidak kuat kerja, duduk di rumah saja, tapi kami diperhatikan sama pak kades dengan bantuan sembako ini. Saya berterima kasih kepada pak Kades”, ujarnya ditemui setelah menerima paket Bahan Pokok dari Pemerintah Desa Binusan. (PND-SYA/DIKSIPRO)

Komentar

Related Articles

Back to top button