Nunukan

Tiga Ruko di Jl. Bhayangkara Dilalap Api

NUNUKAN – Tiga unit rumah di Jl. Bhayangkara, Kecamatan Nunukan, Kabupaten Nunukan, Sabtu (17/7/2021) ludes dilalap si jago merah. Peristiwa naas itu terjadi sekitar Pk. 16.20 Wita. Ketiga bangunan rumah tersebut selama ini diketahui difungsikan sebagai tempat berdagang. Satu unit digunakan sebagai toko atau konter yang menjual alat komunikasi (telepon) seluler dengan segala perlengkapannya sedangkan dua unit lainnya adalah tempat usaha menjual jajanan gorengan.

Kepanikan warga sekitar, terutama yang bermukim sangat dekat dengan titik kebakaran atas peristiwa ini sempat terlihat dari upaya mereka yang berusaha menyelamatkan barang-barang yang dimiliki yang dikeluarkan dari dalam rumah masing-masing. Terlebih saat api semakin membesar menghanguskan bangunan naas yang posisinya persis di pertigaan Jl. Bhayangkara – Jl. RA Kartini dan Jl. A Yani tersebut.

Kepanikan warga tersebut berangsur surut lebih kurang dua jam kemudian setelah Personel Pemadam Kebakaran (Damkar) Kabupaten Nunukan mulai berhasil menjinakkan kobaran api.

Kepala Dinas Pemadam Kebakaran Kabupaten Nunukan, Drs Rachmaji Sukirno M.Si melalui Kepala Seksi Bantuan Penyelamatan Dan Evakuasi, Aristra Pratama Sanmigo mengatakan 3 unit rumah tersebut yaitu sebuah konter Handphone dan dua unit banunan penjual jajanan gorengan. Ketiga bangunan ini seluruhnya terbuat dari kayu.

Menyebutkan asal muasal api penyebab kebakaran yang berlangsung cepat ini, menurut Aristra diduga kuat berasal dari unit bangunan konter handphone yang kemudian merambat pada dua bangunan rumah penjual jajanan gorengan yang posisinya memang saling berhimpitan.

“Penyebab munculnya api belum dapat dipastikan. Yang pasti berdasar keterangan beberapa saksi ditempat kejadian, api muncul pertamakali dari konter handphone,” ujar Aristra.

Foto : Kepanikan warga sekitar saat api semakin membesar. (ALAMSYAH/DIKSIPRO)

Terlibat langsung melakukan pemadaman kebakaran yang terjadi, Dinas Pemadam Kebakaran yang menurunkan 5 unit kendaraan Power Take Off (PTO), 3 unit kendaraan suplai dan 1 unit bantuan kendaraan Pick Up dengan jumlah personil yang diturunkan sebanyak 30 orang dari markas Komando dan 15 orang dari markas Sektor Selatan.

Selain itu Pemadam Kebakaran dibantu juga oleh Truck Pemadam Kebakaran Hutan dan Lahan dari Polhut, Truck Dalmas Water Canon Kepolisian, Truck Tangki Bagian Umum Pemda Nunukan dan bantuan dari personel Koramil dan Badan Penanggunalangan Bencana Daerah (BPBD).

Tak hanya itu, dari pantauan diksipro.com, Petugas Medis dari PMI turut bersiaga dengan satu unit Ambulans berikut tenaga medisnya, petugas PLN dan Telkom juga turun memantau kondisi Jaringan PLN dan WiFi Indihome. (SYA/DIKSIPRO)

Komentar

Related Articles

Back to top button