Pendidikan

Setelah Berstatus Negeri, Jumlah Mahasiswa Baru di PNN Meningkat

NUNUKAN – Pasca ditingkatkannya status Politeknik Nunukan menjadi Politeknik Negeri Nunukan (PNN) pada Oktober 2020 lalu, antusias lulusan SMA memasuki perguruan tinggi ini meningkat. Peningkatan tersebut dapat dilihat dari jumlah calon mahasiswa yang mendaftarkan diri sebagai mahasiswa baru di PNN periode tahun 2021 ini.

Data yang diperoleh media ini, total jumlah mahasiswa baru yang diterima pada tahun sebelumnya sebanyak 150 orang. Sedangkan pada penerimaan mahasiswa baru tahun 2021, angka tersebut sudah terlampaui.

Dijelaskan oleh Staf Administrasi PNN Nunukan, Syahril S. Pd. Untuk menjaring mahasiswa baru PNN menerapkan tiga jalur penerimaan, yakni Jalur Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN), Jalur Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) dan Jalur Mandiri.

Pada jalur SNMPTN yang dibuka sejak 11 Januari 2021 hingga 19 Maret 2021, PNN menyeleksi para lulusan SMA berprestasi untuk diberi kesempatan menjadi mahasiswa di PNN tanpa melalui tes. Dijelaskan Syahril, pada jalur ini peluang dibuka kepada lulusan SMA yang memiliki nilai terbaik hasil Ujian Nasional (UN).

“Minimal masuk dalam 10 besar nilai tertinggi dari asal sekolah masing-masing berdasar hasil UN, berhak diterima di PNN melalui jalur SNMPTN tanpa tes,” tegas Syahril.

Hasil dari penerimaan mahasiswa baru melalui jalur prestasi ini, PNN berhasil menjaring 51 calon mahasiswa terbaik wakil dari masing-masing sekolah asal mereka. Tidak saja diterima tanpa melalui tes, keistimewaan yang diberikan PNN terhadap mereka adalah diterima sebagai mahasiswa baru tanpa dibebani biaya pendaftaran masuk.

Sementara itu pada seleksi penerimaan mahasiswa baru yang dilakukan melalui Jalur SBMPTN, yang dibuka sejak 11 Mei 2021 hingga tutup pada 10 Juni 2021 lalu, respon para lulusan SMA juga sanggat luar biasa. Pada jalur penerimaan yang menerapkan seleksi tes tertulis dan portofolio tersebut, tercatat sebanyak 101 siswa lulusan SMA sukses menjadi mahasiswa baru di PNN.

Dari dua jalur seleksi penerimaan mahasiswa baru yang sudah dilangsungkan, lanjut Syahril, tercatat jumlah mahasiswa baru di PNN pada tahun 2021 ini sudah melampaui jumlah seluruh mahasiswa baru yang diterima pada tahun sebelumnya.

“Padahal, proses penjaringan mahasiwa baru di PNN masih menyisakan 1 jalur penerimaan lagi yaitu melalui jalur mandiri,” terang Syahril.

Berdasar pengalaman, jumlah lulusan SMA yang ingin melanjutkan jenjang pendidikannya ke tingkat perguruan tinggi melalui jalur mandiri ini juga cukup banyak. Dengan adanya perubahnya status Politeknik Nunukan menjadi perguruan tinggi negeri, antusias lulusan SMA untuk memilih PNN sebagai tempat kuliah dipastikan akan meningkat.

PNN yang memiliki kampus di Jl, Limau Sedadap, Kelurahan Nunukan Selatan, Kecamatan Nunukan Selatan ini diprediksi akan menjadi incaran banyak calon mahasiswa baru yang akan mendaftar melalui jalur mandiri.

Popularitas PNN akhir-akhir ini juga semakin meningkat dan dikenal luas hingga luar daerah. Terbukti pada penerimaan mahasiswa baru tahun ini, diantara lulusan SMA yang mendaftar dan diterima oleh PNN, terdapat mahasiswa dengan asal sekolah di Parepare dan Sopeng (Sulawesi Selatan).

Bahkan siswa lulusan SMA dari Cileungsi, Kabupaten Bogor Jawa Barat. Mereka dipastikan menjatuhkan pilihan untuk kuliah di PNN setelah menggali banyak informasi terkait potensi dan prospek perguruan tinggi ini. (PND/DIKSIPRO)

Komentar

Related Articles

Back to top button