Tak Berkategori

Pilkades Serentak Digelar di Kabupaten Nunukan

Wabup Lakukan Pantauan Langsung

NUNUKAN – Senin, 18 Oktober 2021 telah ditetapkan oleh Pemerintah Daerah Nunukan untuk pelaksanaan  Pemilihan Kepala Desa (Pilkades), secara serentak. Sebanyak 210 dari 232 desa yang ada di Kabupaten Nunukan akan meggelar perhelatan itu secara bersamaan.

Kepala DPMD Kabupaten Nunukan, Jumianto, S.Sos melalui Kepala Seksi Aparatur Pemerintah Desa dan Lembaga Desa, Ir. Muh. Akib Makmur menjelaskan, Kesiapan Pemda dalam rangka Pilkades serentak di Kabupaten Nunukan telah dilaksanakan sesuai dengan tahapan.

Mulai persiapan sampai pencalonan telah dilaksanakan sesuai dengan jadwal pelaksanaan.

Sebelumnya, tahapan kampanye yang sempat tertunda kembali dilanjutkan pada tanggal 12 hingga 14 Oktober 2021, kemudian memasuki masa tenang pada tanggal 15 sampai 17 Oktober 2021..

“Hari ini, 18 Oktober 2021 pelaksanaan Pilkades serentak itu dilakukan,” terang Muhammad Akib.

Pengamanan dalam pelaksanaan pemungutan dan penghitungan suara, lanjut dia dilakukan bekerjasama dengan pihak Polri, TNI, Linmas dan Satuan polisi Pamong Praja.

Kendati saat ini PPKM di Kabupaten telah berada pada level 2, namun penerapan Protokol Kesehatan pada pelaksanaan pemungutan suara masih diberlakukan guna pencegahan dan pengendalian Covid-19 pada setiap tempat pemungutan suara (TPS).

Untuk Pengaturan jumlah pemilih di TPS Pilkades, sudah sesuai dengan Surat Edaran Menteri Dalam Negeri Nomor 141/6698/SJ tentang Jumlah Pemilih di TPS Pilkades diera pandemi covid-19.

Adapun Jumlah TPS yang diadakan sebanyak 252 dengan jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT) sebanyak 42.549 orang. Sebanyak 1.764 panitia tingkat desa dan 1008 petugas pemungutan suara dilibatkan dalam kegiatan ini.

Sebelumnya, Bupati Nunukan, Hj, Asmin Laura dalam arahannya mengharapkan kerjasama semua pihak untuk mesukseskan Pilkades secara serentak yang digelar di wilayah Kabupaten Nunukan.

Dalam arahan yang disampaikan Bupati secara Virtual Zoom itu, pejabat nomor satu di Kabupaten Nunukan ini berharap Pilkades serentak ini diselenggarakan sesuai dengan ketentuan peraturan yang berlaku.

“Saya harapkan kerjsama semua pihak untuk melaksanakannya secara baik dan sukses. Semoga semuanya berjalan aman, lancar dan tertib,” tegas Bupati saat itu.

Sementara itu, terkait pelaksanaan Pilkades serentak kali ini, Wakil Bupati Nunukan, H. Hanafiah melakukan kunjungan dan pemantauan langsung pada beberapa desa dilaksanakannya Pilkades.

Dari kunjungan perjalanan Wabup yang dimulai pada Minggu 17 Oktober 2021 tersebut, Kunjungan pertama Wabup dilakukan di Kantor Camat Lumbis untuk peninjauan Pilkades pada Pk. 08.00 hingga Pk. 09.00 Wita.

Pantauan Pilkades Wabup berikutnya dilakukan di Kantor Camat Sembakung Atulai pada Pk. 10.00 hingga Pk. 11.00.

Kantor Camat Sebuku mendapat giliran ketiga untuk dikunjungi Wabup meninjau pelaksanaan Pilkades pada Pk. 12.00 hingga Pk. 13.00 Wita.(DEVY/DIKSIPRO)

Komentar

Related Articles

Back to top button