AdvSeni & Hiburan

Dari Lomba Fashion Show Busana Tidung

Basri Dan Gusna Damayanti Raih Gelar Juara

Foto : Penampilan di antara peserta lomba

NUNUKAN – Peserta Lomba Busana Adat Tidung, Basri dan Gusna Damayanti akhirnya berhasil meraih posisi paling bergengsi untuk masing-masing kategori pada Lomba Fashion Show Busana Adat Tidung yang digelar PD Gerakan Pemuda Mahasiswa Rumpun Tidung (Gadamaruti) Nunukan, Senin (29/3) lalu.

Untuk juara I kategori pria pada kelompok SMA/SMK/Umum, Basri memperoleh nilai tertinggi, 1034 dari dewan juri. Sedangkan pada kategori wanita untuk kelompok yang sama, Gusna Damayanti berhasil meyakinkan para juri sebagai yang terbaik dengan perolehan angka nilai 1061.

Sedangkan pada kelompok kategori SD/SMP, dengan nilai 970, Najwa Quinara Ramadani merebut juara I setelah mengungguli Rhea Aulia (Juara II/936), Putri Aulia Nurzanah (Juara III/930) serta berturut-turut Juara Harapan I, II dan III untuk Zikril (915), Nopa Trianti (890) dan Aulia (888).

Masih pada lomba yang sama untuk kelompok TK/PAUD Juara I direbut Nuzulul Asma Qiraini (909) mengungguli Mohammad Zabar Asyami (Juara II/896), Azizah (Juara III/877) serta satu-satunya gelar Juara Harapan untuk Arsi yang memperoleh nilai 835.

Fashion Show Busana Adat Tidung yang digelar dihalaman rumah adat Impong De Lunas Insuai di Desa Binusan Kecamatan Nunukan ini memang menjadi salah satu lomba yang mendapat perhatian lebih.

Tidak saja dari jumlah peserta yang menyertainya tapi juga jumlah penonton yang datang untuk menyaksikan. Tercatat 31 peserta mulai dari kategori TK/PAUD, SD/SMP serta kategori SMA/SMK/Umum kelompok putra dan putri bersaing ketat unjuk kebolehan berlenggang lenggok dengan busana adat Tidung yang dikenakan.

Foto : Para peserta lomba Fashion Show di depan Rumah Adat Tidung, Desa Binusan

Ketua Panitia Pelaksana, Herison menyebutkan aneka busana adat yang ditampilkan peserta lomba meliputi pakaian Talulandom, Pakaian Kurung Bantut dan pakaian adat Selampoy maupun pakaian adat pengantin suku Tidung.

“Pada ajang fashion show ini, umumnya peserta tidak sekedar memikirkan gelar juara tapi juga motivasi menunjukkan kekayaan ragam budaya dan khasanah yang dimiliki Ulun Pagun,” terang Herison.

Pernyataan ini dia simpulkan setelah melihat persiapan serta kelengkapan aksesoris busana yang ditampilkan kebanyakan peserta dapat dikatakan lengkap.

Kepada diksipro.com, Dewan Penasihat PD Gadamaruti, H Syahdan menyampaikan apresiasi yang tinggi atas inisiatif generasi muda etnis suku Tidung, dalam hal ini PD Gadamaruti yang sudah berupaya keras dalam melestarikan seni budaya etnisnya melalui kegiatan Pergelaran Seni Budaya seperti ini.

“Diharapkan, kegiatan serupa dapat terus berlanjut dengan dukungan dan peran serta dari berbagai pihak. Bukan semata-mata menjadikannya sebagai ajang promosi budaya, lebih penting lagi adalah untuk melestarikan kekayaan adat budaya yang dimiliki daerah,” kata Syahdan (TIM/DIKSIPRO)

Komentar

Related Articles

Back to top button