KaltaraKomunitas

Andi Mulyono Calon Tunggal Ketua KNPI Kaltara

NUNUKAN – Hampir bisa dipastikan, Andi Mulyono akan menjadi pemegang jabatan Ketua Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kalimantan Utara (Kaltara) periode 2022-2025.

Peluang itu diketahui setelah dia menjadi satu-satunya bakal calon (Balon) yang mendaftarkan diri menjelang beberapa jam masa pendaftaran akan berakhir.

Andi Mulyono telah menyerahkan berkas persyaratan ke meja Steering Committee (SC) pada Kamis, 17 November 2022 sekitar Pk.14.10 Wite atau beberapa jam sebelum batas akhir yang ditentukan pada Pk. 24.00 Wite, di hari yang sama.

Mengetahui dirinya menjadi satu-satunya kandidat, Andi Mulyono menegaskan, pada prinsipnya sebagai calon ketua, dirinya membuka ruang bagi pemuda mulai dari Organisasi Kemasyarakatan dan Pemuda (OKP), badan otonom, maupun organisasi-organisasi yang bukan hanya di bawah KNPI namun di seluruh organisasi yang terlibat kepemudaan untuk terlibat di dalam organisasi yang dia pimpin dan bisa mendaftarkan diri.

Menurutnya, kolaborasi antara pemuda sangat diperlukan. Kendatipun KNPI masih memiliki keterbatasan dalam organisasi dan butuh perhatian serta pendekatan.

“Kita harapkan KNPI menjadi organisasi yang bisa bersentuhan langsung dengan beberapa hal penting. Misalnya, dalam peningkatan mutu pendidikan. Karena ada proyek KIPI yang akan dibangun. Juga rencana kilang minyak terbesar di beberapa daerah. Kesiapan pemuda juga tidak boleh lemah dalam menyambutnya,” tuturnya.

Terkait dukungan OKP terhadap kepemimpinannya pada organisasi kepemudaan terbesar itu, Andi Mulyono memastikan mendapat banyak dukungan, baik tertulis maupun lisan.

“Beberapa di antaranya telah datang dari DPD II di antaranya wilayah Tarakan, Malinau dan Nunukan. Apalagi saya juga telah memegang surat rekomendasi terkait pencalonan ketua baru KNPI Kaltara,” terang Andi Mulyono.

Ketua SC pada Musyawarah Daerah (Musda) Ke- III KNPI Provinsi Kalimantan Utara (Kaltara) Ali Sadat, membenarkan hingga masa batas akhir pendaftaran calon Ketua KNPI Kaltara periode tahun 2022-2025 hanya ada satu figur mendaftar.

Ditambahkan Ali Sadat, sejak pendaftaran dibuka hingga penutupan, anggota CS tengah memverifikasi data-data yang masuk. Baik yang mendaftar sebagai OKP, DPD KNPI dan pendaftaran Calon Ketua KNPI Kaltara.

Sejauh ini, hampir 50 OKP dari DPD 5 Kabupaten/kota di Kaltara yang telah mendaftar.

“Hingga penutupan, hanya ada satu orang yang mendaftar sebagai bakal calon Ketua KNPI Kaltara yaitu atas nama Andi Mulyono,” kata Ali Sadat. (DEVY/DIKSIPRO)

Komentar

Related Articles

Back to top button