KaltaraNunukanPendidikan

PNN Bekali Lulusannya Dengan Pendidikan Vokasi

NUNUKAN – Pendidikan vokasi merupakan pendidikan tinggi yang menunjang pada penguasaan keahlian terapan tertentu. Meliputi program pendidikan Diploma yang setara dengan program pendidikan akademik.

Dengan mengambil pendidikan vokasi, seseorang dapat melihat ketersediaan lapangan kerja yang lebih luas. Artinya, sarjana terapan atau diploma pendidikan vokasi memiliki kesempatan diterima kerja lebih cepat karena karena jurusan yang diambil lebih spesifik sesuai dengan kebutuhan dunia kerja.

Selain memiliki skill yang mumpuni, pengalaman magang dan kerja dari mahasiswa Perguruan Tinggi Vokasi kerap menjadi acuan perusahaan untuk merekrut karyawan bekerja.

Apalagi, lulusan vokasi biasanya sudah memiliki sertifikat profesi yang dapat dijadikan bahan pertimbangan dalam proses rekrutmen karyawan sebuah perusahaan.

Lulusan pendidikan setingkat Sekolah Lanjutan Tingkat Atas (SLTA) yang tertarik melanjutkan pendidikan ke Perguruan Tinggi berbasis vokasi bisa menjadikan Politeknik Negeri Nunukan (PNN) sebagai pilihan.

“Calon mahasiswa yang ingin melanjutkan pendidikan pada Perguruan Tinggi yang lebih fokus pada praktik kerja dapat menjadikan PNN sebagai pilihannya. Saat ini, PNN merupakan satu-satunya kampus Politeknik yang ada di Kalimantan Utara,” begitu dikatakan Kordinator Akademik dan Kemahasiswaan Politeknik Negeri Nunukan (PNN), Trisno Hadi.

Dalam dunia kerja nyata saat ini maupun yang akan datang, menurut Trisno Hadi, membutuhkan orang yang memiliki keahlian kerja pada dibidang tertentu. Politeknik Negeri Nunukan, merupakan perguruan tinggi yang hanya menyediakan pendidikan berbasis vokasi yang fokus pada praktik kerja yang dapat menunjang keahlian di bidang studi tertentu dimaksud.

“Mahasiswa program diploma PNN akan banyak belajar tentang hal-hal yang membantu dalam keterampilan teknis,” terangnya.

Selain sebagai satu-satunya kampus Politeknik Negeri yang berada di Kalimantan Utara, menyebutkan sejumlah kelebihan lain PNN, masih seperti dikatakan Trisno Hadi, karena memiliki pengajar berpengalaman, tempat kuliah yang memadai serta ada tersedia program beasiswa dan biaya kuliah yang terjangkau.

“Pendidikan vokasi yang tersedia akan mengarahkan mahasiswa pada praktek kerja, tes kemampuan bahasa inggris dengan standard TOEFL maupun program bahasa Inggris International Center For English Excellence (ICEE),” terangnya lagi.

Memiliki 4 program studi, masing-masing Teknik Alat Berat, Teknologi Hasil Perikanan, Teknik Sipil Infrastruktur Perkotaan dan Administrasi Bisnis, saat ini PNN memberi kesempatan kepada calon mahasiswa untuk mendaftarkan diri melalui jalur Seleksi Bersama Masuk Politeknik Negeri (SBMPN) hingga tanggal 30 Juni 2022 mendatang.

Setelah itu, penerimaan mahasiswa baru di PNN akan dilakukan melalui jalur mandiri yang dijadwalkan mulai tanggal 9 Juli hingga 4 Agustus 2022 .

Ditargetkan, pada Tahun Akademik 2022/2023 kali ini, masing-masing program studi yang ada, PNN menyediakan antara 3 hingga 4 ruang kelas kuliah untuk mahasiswa baru mereka. Setiap kelas hanya akan diisi sebanyak 30 orang mahasiswa. (INNA/DIKSIPRO)

Komentar

Related Articles

Back to top button