Nunukan

Nelayan Kaget Didatangi Kapal Perang KRI Layang 635

Peringati HUT ke-76, Lanal Nunukan Berbagi Paket Sembako

NUNUKAN – Puluhan nelayan yang sedang melaut di muara perairan Nunukan pada Rabu (8/9) dikejutkan dengan kemunculan Kapal Republik Indonesia (KRI) Layang 635 yang datang mendekati mereka.

Mereka sempat menduga akan mendapat teguran atau peringatan dari aparat TNI AL atas kesalahan atau kekeliruan dalam melakukan aktifitas nelayan melaut.

Dugaan tersebut ternyata keliru. Awak KRI Layang yang melambaikan tangan agar para nelayan lebih mendekat ternyata mendapat kejutan pembagian barang sembako. Sebanyak 24 perahu nelayan yang ada di sekitar lokasi tersebut menerima bingkisan sembako yang dibagikan.

“Kami semua kaget kenapa tiba-tiba ada kapal perang minta kami berkumpul, kami kira ada pelanggaran laut. Ternyata ada pembagian sembako ,” kata salah seorang nelayan, Abdul Basir.

Danlanal Nunukan Letkol Laut (P) Nonot Eko Febrianto, SE., CTMP, menjelaskan, pembagian paket sembako kepada para nelayan tersebut merupakan rangkaian dari sejumlah kegiatan sosial yang mereka gelar dalam memperingati HUT TNI-AL yang ke -76 tahun ini pada 10 September mendatang.

Selain pembagian paket sembako, saat itu TNI Angkatan Laut (lanal) Nunukan juga melaksanakan pengobatan gratis secara masal kepada warga Kampung Nelayan Mamolo.

Tidak hanya warga penduduk yang berada di daratan, beberapa nelayan yang tengah melaut juga sempat menghentikan sementara kegiatan mereka, merapat kedermaga untuk mendapatkan layanan kesehatan dari Lanal Nunukan tersebut.

Tingginya antusias warga dan nelayan sekitar untuk memanfaatkan kesempatan layanan kesehatan gratis ini terlihat dari antrian tertib mereka dengan sabar menunggu giliran dilakukan pemeriksaan dan pengobatan terhadap masalah kesehatan yang mereka alami.

Dalam kesempatan ini, menurut Danlanal Kampung Nelayan Mamolo merupakan pemukiman maritim yang saat ini sedang dalam proses persiapan peresmian menjadi Kampung Bahari Nusantara, dibawah binaan Lanal Nunukan.

Sejumlah aktivitas berhubungan dengan kesehatan dan sosial dilaksanakan Lanal Nunukan bersama masyarakat setempat. Termasuk menata kebersihan lingkungan tempat tinggal pesisir pantai hingga menjaga keamanan lingkungan.

“Insya Allah bulan depan kita resmikan kampung nelayan mamolo menjadi Kampung Bahari Nusantara,” kata Nonot Eko Febrianto

Ditambahkan, Lanal Nunukan Dalam memperingati HUT TNI-AL kali ini telah melakukan serangkian acara yang bersentuhan langsung dengan masyarakat dalam memperingati HUTnya.

Kegiatannya sebelumnya dimulai pada hari selasa (7/9) dengan melaksanakan pembersihan dan perawatan Taman Makam Pahlawan (TMP) Jaya Sakti Kabupaten Nunukan sebagai wujud penghargaan kepada jasa-jasa para pahlawan yang telah gugur.

“Masih pada hari yang sama kami juga memberikan vaksinasi kepada Pekerja Migran Indonesia (PMI) di Rusunawa,” tegasnya.

Seluruh kegiatan dalam memperingati HUT TNI AL Ke – 76 tahun ini, lanjut Danlanal, merupakan kepedulian nyata TNI AL untuk bersama-sama mewujudkan pengabdian kepada masyarakat dan turut membantu pemerintah dalam mengahadapi pemulihan akibat pandemi Covid-19.

Hal tersebut, lanjut dia, selaras dengan tema HUT TNI AL sendiri yaitu Dengan Semangat Jalesveva Jayamahe TNI Angkatan Laut Siap Mewujudkan Indonesia Tangguh, Indonesia Tumbuh.

Menyertai kegiatan-kegiatan sosial yang diselenggrakan, Ketua Cabang 7 Korcab XIII DJA II Ny. Endang Nonot Eko Febrianto beserta para pengurus juga aktif memberikan peran mereka dalam berbagai rangkaian kegiatan yang digelar.

Menyampaikan harapannya, Nonot Eko Febrianto menginginkan agar Lanal Nunukan kedepannya  dapat lebih bersinergi dengan Pemda Nunukan untuk mengembangkan wilayah Kabupaten Nunukan sehingga lebih maju.

“Walaupun Nunukan berada diwilayah perbatasan, paling tidak mampu mengimbangi wilayah yang berada di Pulau Jawa,” jelas Nonot.

Danlanal Nunukan Letkol Laut (P) Nonot Eko Febrianto, SE., CTMP dengan didampingi

Tampak hadir dalam Rangkaian Bhakti Sosial yang diselenggarakan, KS Guspurla Koarmada II Kolonel Laut (P) Toni Herdijanto, SE., M.Sc yang Onboard KRI Layang – 635, Dan KRI Layang – 635 Mayor Laut (P) Erwin Kurnady, M.Tr.Opsla serta Prajurit, Para Perwira dan Prajurit Lanal Nunukan serta Jalasenastri Cabang 7 Korcab XIII DJA II (DLN). (DEVY/DIKSIPRO)

Komentar

Related Articles

Back to top button