Umum

Dinkes P2KB Gelar Pelatihan Pendidik Sebaya

Suriyati : “Untuk meningkatan pengetahuan Kader PIK-R,”

NUNUKAN – Rabu (24/5/2023), Dinas Kesehatan Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (Dinkes P2KB) Kabupaten Nunukan menggelar kegiatan Pelatihan Pendidik Sebaya Pusat Informasi dan Konselor Remaja (PIK-R) untuk wilayah Kecamatan Nunukan dan Nunukan Selatan.

Mewakili Dinkes P2KB Kabupaten Nunukan, Kepala Bidang P2KB Suriyati, SE memastikan, diselenggarakannya kegiatan  tersebut untuk meningkatkan pengetahuan PIK-R khususnya di Kecamatan Nunukan dan Nunukan Selatan. Diharapkan para remaja akan mendapatkan informasi dan pengetahuan yang cukup sehingga memiliki kemampuan untuk menjadi pendidik bagi teman sebayanya

Termasuk informasi lebih lanjut kepada peserta pelatihan agar lebih mengenal apa yang dimaksud dengan pendidik sebaya dan konselor sebaya. Sehingga terbangun karakter yang berani, siap beraksi dan mampu berkolaborasi dalam menjalankan misinya.

“Kegiatan ini sangat penting untuk PIK Remaja sebagai garda depan informasi untuk remaja seusianya dalam memberikan informasi Penyiapan Kehidupan Berkeluarga bagi Remaja (PKBR, Pendewasaan Usia perkawinan, Keterampilan Hidup (Life Skills). Pelayanan Konseling dan Rujukan PKBR,” terang Suriyati.

Hadir dan membuka secara resmi acara yang dilaksanakan di Aula Kantor Kecamatan Nunukan, Sekretaris Camat Nunukan, Totok Suprapto, S.Sos., dalam penyampaiannya memberikan motivasi bahwa peserta pelatihan merupakan kalangan yang terpilih yang diharapkan mampu menjadi corong dalam memberikan pelayanan informasi dan konseling tentang perencanaan kehidupan berkeluarga bagi remaja serta kegiatan-kegiatan penunjang lainnya.

“Peserta pelatihan yang berada disini adalah anak-anak yang terpilih. Diharapkan dapat mengikuti dengan baik tanpa melewatkan seluruh materi yang disampaikan oleh fasilitator. Karena kalianlah yang nantinya diharapkan menjadi penyampai informasi dari materi pelatihan yang diperoleh kepada teman-temannya,” ujar Totok.

Antusias dan komunikasi aktif dari peserta pelatihan. (IWA/DIKSIPRO)

Tiga fasilitator yang dihadirkan pada acara yang terselenggara hingga sore hari ini, adalah Serliyati (Penyuluh KB kelurahan Selisun), Amanda (Duta Genre Putri Kalimantan Utara 2022) serta Nur Halifah (Ketua PIK-R SMAN 1 Nunukan Selatan).

Beberapa materi yang pelatihan yang disampaikan, diantaranya tentang terkait Life Skill, Berencana Itu Keren, Modul Beraksi yang berisi tentang program kerja PIK-R di lapangan dan beberapa materi lainnya lagi.

Salah seorang fasilitator, Amanda yang merupakan Duta Genre Putri Provinsi Kalimantan Utara Tahun 2022 adalah alumni SMAN 1 Nunukan berasal dari PIK Remaja Jalur Masyarakat (Jalmas) Nucifera memberikan pendapatnya tentang kegiatan ini, sebagai kegiatan yang memiliki cakupan sangat luas untuk PIK-Remaja.

Selain cakupan ruang lingkup yang meliputi aspek pemberian informasi PKBR juga merupakan kegiatan-kegiatan pendukung yang sesuai dengan ciri dan minat remaja.

“Melalui pelatihan ini, peserta tidak hanya memperoleh manfaat untuk diri sendiri bahkan juga kepada rekan dan orang-orang disekitarnya,” kata Amanda

Antusias peserta pelatihan mengikuti kegiatan ini terlihat dari komunikasi aktif antara peserta dengan fasilitator. Tidak sedikit diantaranya bahkan memberanikan diri memaparkan pendapatnya pada setiap sesi materi yang dipresentasikan oleh fasilitator.

Semarak acara ini juga semakin terlengkapi dengan permainan kuis dari pihak panitia penyelenggara, dalam hal ini Dinkes P2KB untuk seluruh peserta dengan menyediakan hadiah doorprize. (IWA/DIKSIPRO)

Komentar

Related Articles

Back to top button