Nunukan

Dinkes Nunukan Siapkan 2500 Vial Vaksin Sinovac

Irma : Warga tidak harus daftar online, datang saja ke GOR,”

NUNUKAN – Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Nunukan telah mempersiapkan 2500 Vial Vaksin yang akan disuntikkan untuk 25.000 orang warga di Kabupaten Nunukan.

Dengan persediaan tersebut, kesempatan masyarakat yang berusia 12 tahun hingga lansia dengan usia minimal 60 tahun terbuka luas untuk mendapatkan vaksin.

Untuk jadwal vaksinasi, menurut Kepala Bidang Pencegahan dan Penanggulangan Penyakit Dinkes Kabupaten Nunukan, Irma Yanti, S.K.M. Kes, dibagi per wilayah dan masyarakat tidak perlu mendaftar secara online.

“Datang saja ke GOR di Sei. Sembilan dan daftar ditempat, akan kami layani,” terang Irma Yanti, S.K.M. Kes.

Untuk masyarakat Nunukan pelaksanaan vaksinasi dilakukan selama tiga hari berturut-turut, sejak tanggal 12 hingga 14 Agustus 2021, dengan masing-masing pembagian wilayah, hari Kamis (12/8) khususkan untuk warga Kecamatan Nunukan, pada Jumat (13/8) untuk warga Kecamatan Nunukan Selatan dan pada Sabtu (14/8) untuk warga Kelurahan Nunukan Timur. Ketiga wilayah dimaksud telah dilaksanakan kegiata vaksinyasinya.

“Target sasaran vaksinasi perhari sebanyak 80 vial vaksin atau untuk 800 orang,” lanjut Irma.

Terbanyak kunjungan masyarakat untuk mendapat vaksin terjadi pada hari pertama. Dari 800 warga yang ditargetkan ternyata membludak hingga 910 orang.

Pada hari kedua terjadi penurunan yang cukup drastis. Hanya 490 orang yang datang atau separuh dari jumlah target. Hal tersebut diperkirakan karena pelaksaannya berlangsung pada hari Jum’at. Sedangkan dihari ketiga, jumlah warga yang terlayani persis angkat target. Sebanyak 800 orang.

Sebelumnya, Masyarakat yang bermaksud mendapatkan vaksin dosisialisasikan dengan cara mendaftar secara online. Dari cara ini diperoleh pendaftar sebanyak lebih kurang 5000 orang  pendaftar. Sehingga yang datang untuk vaksin adalah mereka yang menerima panggilan melalui SMS.

Namun antusias warga untuk mendapatkan vaksin tersebut cukup tinggi. Kendati yang akan dilayani adalah mereka yang sudah menerima konfirmasi melalui SMS, ternyata yang hadir banyak juga yang sama sekali belum mendaftar melalui online.

Kabid Pencegahan dan Penanggulangan Penyakit Dinkes Kabupaten Nunukan, Irma Yanti, S.K.M. Kes. (Foto : DEVY/DIKSIPRO)

Untuk kelompok tersebut, Dinkes memberikan pelayanannya setelah Pk. 12.00 Wita. Itupun setelah warga yang dihubungi melalui SMS telah terlayani. Banyak juga diantara mereka yang sudah dihubungi tapi tidak hadir dengan alasan sedang tidak berada ditempat atau kurang sehat.

Selebihnya adalah mereka yang terpaksa tidak bisa diberikan vaksin karena alasan tidak lulus skrining untuk suntik vaksin. Jumlahnya mencapai lebih dari 100 orang dengan usia rata-rata diatas 50 tahun.

Untuk tenaga medis yang melayani vaksin, diberikan jenis Vaksin Moderna. Semua Puskesmas di Nunukan dipastikan telah memberikan vaksin jenis Moderna untuk tenaga medis dan tenaga kesehatannya.

Rencananya Dinas Kesehatan akan menggelar vaksin massal untuk masyarakat di wilayah III dengan sasaran target 1000 orang. Namun kapan jadwal itu diselenggarakan, belum dipastikan.

“Jika nanti persediaan vaksin masih ada, kami (Dinkes) akan terus melakukan vaksinasi massal sehingga target 25.000 orang bisa tercapai,” kata Irma lagi.(DEVY/DIKSIPRO)

Komentar

Related Articles

Back to top button